Suara Warga

Rencana Penyambutan Jokowi oleh SBY di Istana Negara Menuai Kritik, Ruhut Marah

Artikel terkait : Rencana Penyambutan Jokowi oleh SBY di Istana Negara Menuai Kritik, Ruhut Marah

14134504231457752128 Ekspresi Kemarahan Ruhut Sitompul (Foto: Kompas)



Tidak selamanya niat baik itu tepat, ungkapan yang sudah sering saya dengar ini rupanya menimpa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tinggal 4 hari lagi akan menanggalkan statusnya sebagai simbol Negara seiring dilantiknya Joko Widodo (Jokowi) sebagai simbol negara berikutnya pada 20 Oktober 2014 besok.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, SBY akan menggelar penyambutan untuk Jokowi di Istana Negara dalam seremoni yang dikemas secara militer. Penyambutan itu direncanakan digelar pada Senin sore, setelah Jokowi resmi dilantik menjadi presiden pada pagi harinya. Yang artinya, ketika acara penyambutan itu dilangsungkan, SBY sudah bukan lagi Presdien Republik Indonesia yang berkuasa atas Istana Negara.

Namun kalau boleh jujur, apa yang menjadi rencana baik SBY menurut saya adalah hal baik yang mestinya kita berbesar hati untuk sama-sama mendukungnya. Melihat fakta sejarah perjalanan bangsa besar ini dalam proses transisi kepemimpinan mulai dari Prisiden Soekarno sampai pada Presiden SBY, kita sebagai bangsa tidak pernah melihat adanya tradisi yang membanggakan dalam proses transisi kepemimpinan, peralihan kepemimpinan mulai Soekarno sampai pada SBY seolah menyimpan ‘dendam’ politik yang pada ujungnya tidak pernah terukir indah dalam sejarah perjalanan bangsa dimana mereka saling rangkul dan memberi ucapan saat moment awal dan akhir pengabdian mereka untuk bangsa ini dalam sebuah bangunan yang dari sanalah meraka menentukan nasib bangsa ini yakni Istana Negara.

Benar memang, bahwa dalam ketatanegaraan kita, ketika Presiden Terpilih Jokowi diambil sumpahnya dalam proses pelantikan oleh Sidang Paripurna MRP, maka secara otomatis disaat yang sama berakhir pula masa pangabdian Presiden SBY dan semua kuasa yang melekat padanya sebagai Presiden pun berakhir, termasuk kuasanya atas Istana Negara. Bila pendekatan ini yang dipakai sebagai alasan untuk mengkritik niat baik SBY menyambut Jokowi di Istana Negara setelah proses pelantikan, sebenarnya tidak juga salah. Namun menurut saya agak kurang tepat dan terkesan kurang beretika. Karena bagaimanapun, kita sebagai bangsa tidak bisa juga menafikkan bahwa ada norma-norma etika yang mesti dijadikan sandaran.

Maka tidak salah pula bila Ruhut Sitompul selaku jubir Partai Demokrat yang juga bagian dari Tim Sukses Jokowi-JK ketika pilpres kemarin MARAH atas kritikan itu. Kepada awak media, Ruhut mengungkapkan kemarahannya bawah apa yang dilakukan oleh SBY adalah upaya membangun kultur di masa peralihan kepemimpinan. Ruhut menilai apa yang direncakan oleh SBY tidak ada yang salah, khususnya bila dilihat dari sisi norma dan budaya ketimuran. “Jangan lihat sisi tata negaranya, tapi lihat etika dan sopan santunnya. Memangnya ketika Jokowi (jadi) Presiden, SBY bisa diusir seenaknya”

Dan saya pun sebagai rakyat Indonesia yang juga mendukung dan memilih Jokowi pada saat pilpres kemarin, menyatakan keberatan kepada pihak-pihak yang mengkritik rencana baik SBY. Sebab sebagai rakyat, saya juga ingin melihat momen bersejarah kedua orang ‘hebat’ ini saling rangkul dan memberi ucapan selamat dan terimakasih dari sebuah bangunan yang juga menjadi simbol Negara dimana dari sanalah meraka menentukan nasib bangsa ini yakni Istana Negara.


Salam..:)





Sumber : http://ift.tt/1ocbJuZ

Artikel Kompasiana Lainnya :

Copyright © 2015 Kompasiana | Design by Bamz